Andalkan Warna Alam, Sering Ikut Pameran di Luar Negeri

on

METROPOLITAN – Bukan hanya Jogjakarta yang memiliki ciri khas batik, Bogor juga memiliki ciri khas kain lukis yakni Batik Bogor. Kini, banyak warga yang mulai mencintai dan melestarikan budaya Batik Bogor, salah satunya Dina Ayu warga Jalan Neglasari, Nomor 04, RT 03/04, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Dina mulai menekuni seni membatik setelah mendapat pelatihan dari Kementerian Perindustrian.

21 April 2014 lalu, mahasiswi Universitas Gunadarma ini menerapkan ilmu hasil pelatihan. Meski masih tergolong muda, ia memberanikan diri mengajak kaum ibu yang tinggal di sekitar rumahnya untuk melestarikan Batik Bogor.

Sedikitnya ada 15 orang yang hingga kini masih aktif melukis kain. Ia mengaku hanya memproduksi batik tulis dan batik cap dengan mengandalkan warna alam. Untuk menyelesaikan satu kain batik tulis bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Tak heran, harga yang ditawarkannya pun sepadan dengan proses pembuatannya. Mulai dari Rp400 ribu hingga Rp5 juta. “Memang cukup mahal, tapi itu pun tergantung kerumitan dan coraknya,” paparnya.

Sementara untuk batik cap, dalam sehari pihaknya bisa menghasilkan 15 kain. Harga yang ditawarkannya pun mulai dari Rp125 ribu hingga Rp225 ribu. Hasil produksinya itu sudah dipasarkan hingga luar Pulau Jawa. Putri pasangan dari Sugeng Haryanto dan Srihartati ini juga pernah mengikuti pameran tingkat ASEAN yang kala itu diselenggarakan di Vietnam pada 19-21 April lalu. “Kami juga pernah menerima pesanan dari Prancis waktu dari pameran,” ungkapnya. Selain kain batik, pihaknya juga memanfaatkan limbah potongan kain untuk membuat kerajinan tangan lain. (ano/b/els/wan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s