Jaro Ade Minta MoU Galuga Hasilkan PAD

METROPOLITAN | CIBUNGBULANG – Komisi I dan III DPRD Kabupaten Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga, Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang, kemarin. Sidak tersebut untuk melihat dan mengevaluasi kondisi Galuga terkini, sebelum memulai perjanjian membuang sampah antara Pemerintah Kota (Pemkot) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Usai berkunjung ke TPA Galuga, maka DPRD Kabupaten Bogor nantinya akan membahas pasal per pasal tentang perjanjian tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi menuturkan, setelah Komisi I dan III melakukan kunjungan kerja (kunker) ke lokasi TPA Galuga, pihaknya akan membahas secara menyeluruh. “Kami tak mau langsung menyetujui perjanjian kerja sama pembuangan sampah dengan Kota Bogor. Makanya harus ada kajian yang mendalam,” ujarnya.

Walaupun kebutuhan masyarakat dengan desa terakomodasi, sambung dia, perjanjian ini tetap harus sesuai aturan. Salah satunya adalah klaim tanah milik Kota Bogor. Itu harus dibuktikan dengan sertifikat kepemilikan dan kajian dampak lingkungan terlebih dulu sebelum perjanjian ini disetujui.

Tak hanya itu, politisi Golkar itu juga meminta perpanjangan perjanjian harus memberikan keuntungan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkab Bogor. “Kami tetap merekomendasikan untuk menyetujui perjanjian kerja sama pembuangan sampah, walau belum sempurna. Sebab, ini tanggung jawab kita bersama,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Cibungbulang Amas mengatakan, kunjungan anggota dewan tersebut untuk melihat langsung kondisi Galuga dan masukan untuk mengevaluasi sebelum dilakukan MoU perjanjian kerja sama pemanfaatan TPA Galuga antara pemkot dengan pemkab. “Sebelum diperpanjang anggota dewan harus meninjau dulu apa yang kurang dan nanti akan diperbaiki. Setelah itu bakal dibahas di tingkat kabupaten,” tukasnya. (ads/b/feb/py)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s