Tiap Minggu Selesaikan 20 Kodi

on

METROPOLITAN – Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, sempat terkenal dengan perajin sepatu bayi. Namun seiring berjalannya waktu, tak sedikit perajin menghentikan produksinya lantaran rendahnya daya beli. Meski demikian, masih ada beberapa orang yang aktif menjalankan produksi yang terkenal dengan sebutan sepatu baby. Seperti yang masih ditekuni Siti Roudotul (42) warga RT 05/09.

SITI mengaku, ia bersama sang suami Burhan Jaelani (48) memulai usaha tersebut sejak 1995. Dibantu tiga pekerja, dalam seminggu Siti bisa menghasilkan 20 kodi. “Orderan sudah datang sendiri, biasanya datang dari Bandung,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Soal model, Siti menyesuaikan dengan pesanan yang datang. Biasanya model yang diminta sesuai permintaan pasar. “Model sesuai dari toko, tapi seluruh produksi semuanya dikerjakan di sini,” kata Siti. Ia mengungkapkan, harga yang ditawarkan untuk setiap kodinya bervariasi, mulai dari Rp200 ribu hingga Rp250 ribu. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim hingga sampai tujuan. “Mereka terima beres saja, semua sudah siap jual,” kata ibu tiga anak ini.

Biasanya, sepatu bayi yang diproduksi mulai dari bayi berusia tiga bulan hingga dua tahun. Meski dalam memproduksi ia kadang kesulitan bahan baku, namun hingga kini masih bisa bertahan untuk mendapat bahan. “Ya Alhamdulillah, produksi kami masih terus berjalan hingga sekarang. Karena tak sedikit juga yang sudah berhenti produksi,” pungkasnya. (ano/b/els/wan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s