Banyak Sampah, Kades Dikritik Mahasiswa KKN

on

METROPOLITAN | CIJERUK – Usai melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cijeruk, sejumlah mahasiswa dari Akademi Perawat Al Ikklas Cisarua memberi banyak masukan kepada pemerintah desa. Salah satunya mengenai persoalan gaya hidup sehat dan bersih yang banyak diabaikan masyarakat setempat. Seperti pengelolaan sampah di perkampungan terpencil yang belum mendapat solusinya.

Dosen Pembimbing KKN Meivita mengatakan, mahasiswanya telah mengumpulkan data mengenai kesehatan dan kebersihan yang ada di lingkungan mereka melakukan praktik kerja lapangan. Hasilnya, selama satu bulan peserta didiknya pun ikut andil dalam menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dengan membersihkan lingkungan sekitar. “Selama satu bulan ini siswa Akper memberi penyuluhan dan sosialisasi bagaimana mengelola sampah pada warga,” terang Meivita.

Sementara itu, Kepala Desa Cijeruk Ade Tamsuri mengaku berterima kasih pada seluruh mahasiswa yang sduah melakukan KKN di wilayahnya. Ia mengakui jika masih ada wilayahnya yang belum terjangkau mobil Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Sehingga, di beberapa wilayah sampah-sampah dibiarkan menumpuk hingga mengancam kesehatan warga.

“Kami berterima kasih dengan adanya KKN ini. Karena sedikit banyak membuka kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengolahan sampah,” kata Ade saat menutup program KKN Akademi Perawat Al-Ikklas Cisarua di aula Kantor Desa Cijeruk, kemarin.

Baginya, persoalan sampah memang masih menjadi dilema. Namun, ia berjanji jika pengolahan sampah ini akan menjadi prioritas untuk sama-sama dicarikan solusinya. “Pemerintah Desa Cijeruk akan terus mencoba mengatasi masalah sampah. Apalagi tadi sudah ada masukan dari para mahasiswa Akper bagaimana cara mengatasi sampah plastik,” tandasnya. (nto/a/feb/wan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s