Duh, Kasus Perdagangan Manusia Meningkat

on

METROPOLITAN | CISARUA – Kasus perdagangan manusia atau trafficking di Kabupaten Bogor angkanya cenderung naik dari tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan data dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan unit PPA Polres Bogor pada 2016 sampai April terjadi empat kasus yang dilaporkan dan dialami warga Kabupaten Bogor. Angka ini cenderung meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor Emmy Pernawati mengakui jika ada peningkatan kasus perdagangan orang. Bersamaan dengan itu, masyarakat pun semakin sadar untuk melaporkan adanya kasus trafficking.

“Mayoritas korban perdagangan orang merupakan perempuan dan anak, di mana korban sering terperangkap dalam kehidupan yang sama sekali tidak mereka inginkan dan penuh penderitaan,” terang Emmy.

Oleh karenanya, lanjut Emmy, guna mencegah terjadinya berbagai bentuk perdagangan orang di Kabupaten Bogor, perlu ada kewaspadaan dini terhadap tindak pidana ini. “Salah satunya dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan komperhensif untuk mengantisipasi gejala yang mengarah kepada praktik-praktik perdagangan orang,” jelasnya. (*./feb/wan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s