Kades Tolak Perpanjang Pemandian Air Panas Tirta Sanita

on

METROPOLITAN | PARUNG – Masa Kontrak PT Supra Piranti Wisata Ria (Gunung Kapur dan Gunung Panjang) yang berada di wilayah Desa Cogrek dan Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, akan selesai akhir Mei mendatang. Perpanjangan tempat wisata (Tirta Sanita, red) yang juga aset Pemerintah Kabupaten Bogor itu pun mendapat penolakan keras dari salah satu kepala desa itu.

Kepala Desa Cogrek Suherdi meminta pemerintah daerah agar tidak lagi memperpanjang masa kontrak tersebut. ”Kami telah memberi surat pernyataan kepada bupati Bogor dan Komisi I DPRD Kabupaten Bogor berkaitan perpanjangan kontrak PT Supra Piranti Wisata Ria,” tutur Suherdi kepada Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, tuntutannya berdasarkan pasal 76 Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang desa. ”Karena itu saya berharap setiap investor yang akan mengontrak dapat memperhatikan kontribusi untuk lingkungan sekitar dan pemerintah desa setempat,” harapnya.

Tak hanya itu, Herdi meminta Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal pemberian izin kontrak (MoU, red) dapat ditembuskan kepada pemerintahan desa. ”Kami juga ingin investor ikut dalam memenuhi peraturan yang berlaku, terutama di setiap wilayah desa terkait keberadaan tempat wisata itu sendiri,” cetusnya.

Dari informasi yang dihimpun, kendati tempat wisata itu berada di lahan wilayah Desa Cogrek seluas kurang lebih dua hektare, sejak berdirinya tempat wisata itu pengelola tak memperhatikan lingkungan sekitar (masyarakat, red). Hal itu pun yang membuat dua kepala desa di Kecamatan Parung melayangkan surat kepada bupati Bogor agar tempat wisata tersebut tidak diberi izin. (yos/b/yok/run)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s