Usmar: Kepercayaan Adalah Kunci Perbankan

on

METROPOLITAN | BOGOR – Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Bank Pasar Kota Bogor bekerja sama dengan PT Kreativitas Tanpa Batas (nlimit) menggelar Training Creatif Marketing dua hari, Sabtu-Minggu (14-15/5), di Pajajaran Suite Hotel, Jalan Pajajaran, Bogor.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan wawasan, kemampuan dan kreativitas karyawan-karyawati. Kegiatan yang diikuti 36 kepala bagian, kepala kantor kas dan karyawan-karyawati PD BPR Bank Pasar ini dibuka secara resmi Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Sabtu (14/5).

Menurut Usmar, aspek kepercayaan menjadi kata kunci dalam perbankan. Namun tentu saja sebelum itu ada proses. Proses itulah yang harus digarap secara baik dan benar. Pertama, bagaimana imej Bank Pasar ini harus betul-betul bisa memberikan respons positif dari nasabah. Imej peningkatan kapasitas building dari masing-masing SDM pun harus terus ditingkatkan melalui training atau pelatihan.

Kedua, sambung Usmar, diversifikasi usaha. Diversifikasi usaha ini bukan lagi orientasinya untuk konsumtif. Perusahaan harus terus merekam secara signifikan sampai berapa pun kemampuan per tahunnya harus terus-menurun untuk sektor produktifnya. “Misalnya pinjaman-pinjaman ke dunia usaha dan lain sebagainya,” ujarnya.

Yang ketiga, menurut Usmar, diversifikasi harus dilakukan secara kreatif dan berinovasi. Artinya, memikirkan dan mampu melakukan hal-hal yang baru tersebut. “Yang keempat barulah akan kita tumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat,” ujar Usmar. “Kunci perbankan hanya satu, yakni kepercayaan. Kepercayaan harus ditunjang dengan baik dan benar,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD BPR Bank Pasar Kota Bogor Otjim Wartjim mengatakan, dalam dunia perbankan training atau pelatihan sudah menjadi suatu keharusan sesuai ketentuan peraturan BI. Oleh karena itu, PD BPR Bank Pasar setiap tahun rutin mengadakan pelatihan yang bertujuan meningkatkan wawasan, performance dan bagaimana memotivasi kreativitas karyawannya. (*/ram/py)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s