138 Situs Terancam Hilang

on

METROPOLITAN | CIBINONG – Keberadaan beberapa situs di Kabupaten Bogor terancam hilang. Sebab, lebih dari 140 situs yang ada, baru dua situs yang sudah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk dilindungi. Sedangkan, sisanya sebanyak 138 situs berpotensi hilang ditelan usia lantaran banyak yang tak terawat.

Hal itu diamini mantan Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturahman yang juga dikenal sebagai Budayawan Bogor. Menurutnya, pemerintah daerah harus aktif menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat. Sebab jika tidak, banyak situs yang ada di Kabupaten Bogor terpaksa tak terawat dan terancam tergusur kepentingan lain.

“Ini bukti kalau komunikasi dan koordinasi pemda dengan tingkat pusat kurang bagus dan terlalu hati-hati. Jadi, keberadaan situs ini harus memiliki kepastian atau perlindungan hukum agar tidak tergusur kepentingan lain,” terangnya

Kepala Seksi Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bogor Elly Karim mengatakan, dua situs yang masuk program Kemendikbud RI untuk dilindungi yakni Prasasti Ciaruteun dan Prasasti Kebon Kopi I (Prasasti Tapak Gajah) yang berada di Kelurahan Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang. “Baru dua prasasti yang sudah diputuskan sebagai benda cagar budaya peringkat nasional sesuai keputusan Kemendikbud dengan Nomor 185/M/2015,” kata Elly.

Di sisi lain, ia mengaku terus meminta bantuan kepada aparatur wilayah untuk menjaga dan merawat seluruh situs. Selain itu, melakukan perbaikan secara bertahap untuk prasasti yang ada di Kabupaten Bogor. “Kami juga lakukan secara bertahap prasasti mana yang harus diperbaiki dan kami usulkan semuanya,” tegasnya. (rez/b/feb/run)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s