58 Persen Jajanan Mengandung Zat Berbahaya

on

METROPOLITAN | CIBINONG – Maraknya jajanan sekolah berbahaya jadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pmekab) Bogor. Di Jawa Barat, 58 persen jajanan rupanya mengandung pewarna yang tidak aman bagi tubuh.

Hal ini membuat Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bogor menginisiasi program Jajanan Sehat di 20 sekolah yang ada di Kabupaten Bogor, mulai dari SMP hingga SMA.

“Dengan program ini, kami berharap UMKM khususnya pengolahan hasil peternakan dan perikanan dapat terus melakukan inovasi pengolahan dengan tetap mengacu pada syarat keamanan pangan,” ungkap Kepala Disnakan Siti Farikah saat me-launching program Jajanan Sehat yang dilaksanakan di SMPN 2 Cibinong, kemarin.

Ia tak menapik masih banyaknya olahan makanan yang beredar mengandung pewarna yang bisa mengancam kesehatan. “Jadi, pewarnanya bukan pewarna kue ataupun makanan. Ini malah menggunakan pewarna yang tidak aman (tidak boleh dikonsumsi). Bahkan, kontrol bakterinya atau airnya masih banyak mengandung mikroba,” ujar dia.

Untuk itu, lanjut Siti, pihaknya akan memfasilitasi seperti pembinaan teknologi pengolahan, penyusunan dokumen sistem mutu, teknologi pengemasan, sertifikasi serta pembinaan keamanan pangan terhadap pelaku UKM. “Kami harap program ini mendapat dukungan dari Dinkes, BKP5K, Diskoperindag dan Disdik,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti merasa meningkatkan keamanan dan mutu pangan jajanan anak sekolah memang secara terpadu perlu dilakukan. Mengingat jajanan atau makanan yang dikonsumsi para pelajar harus aman dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan anak.

“Program Jajanan Sehat di sekolah sekaligus menyosialisasikan program gerakan makan ikan dan minum susu untuk masyarakat sehat dan berkualitas. Sasaran program ke seluruh siswa di Kabupaten Bogor sebanyak 916 ribu siswa. Maka, monitoring dan evaluasi secara berkala mulai dari proses produksi, distribusi hingga penjualannya harus dilakukan secara optimal,” tutupnya. (rez/b/feb/run)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s