Soal UASBN ABK dengan Reguler Disamakan?

on

METROPOLITAN | BOGOR – Sedikitnya delapan siswa berkebutuhan khusus (ABK) SDN Batutulis 2 Bogor mengikuti Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2015/2016. Namun dalam pelaksanaannya, ternyata isi naskah soal UN disamakan dengan siswa reguler pada umumnya. Yang berbeda hanya ruangan yang dikhususkan siswa ABK.

”Tahun ini, jumlah siswa yang mengikuti UASBN sebenyak 102 orang yang tersebar di enam ruangan. Namun, dari 102 orang, sedikitnya ada 8 siswa ABK. Sedangkan untuk kisi-kisi soal UN disamakan dengan siswa reguler pada umumnya,” kata Kepala SDN Batutulis 2, Nanah Setianah di sela-sela pelaksanaan UASBN, kemarin.

Ia menjelaskan, khusus siswa ABK, mekanisme pelaksanaannya didampingi dan dibimbing guru pengawas dari SDN Batutulis 2 dan juga pengawas dari luar sekolah. Sebab, jika tidak didampingi, khawatir para siswa ABK tersebut tidak dapat mengisi soal-soal UASBN dengan baik. Bukan hanya itu, siswa ABK juga harus diarahkan secara baik dan dilayani dengan penuh kesabaran.

Selain itu, di sekolah ini juga memiliki kendala dalam mendidik siswa ABK. Sebab, di sekolahnya belum ada guru khusus dalam memberi pendidikan siswa ABK. ”Sekolah kami belum memiliki guru khusus ABK.

Sedangkan di sekolah ini seluruhnya memiliki 40 siswa yang berkebutuhan khusus. Di antaranya siswa ABK autis, tunadaksa dan tuna grahita.

Meski demikian, ia akan berupaya semaksimal mungkin memberi mutu pendidikan dengan baik dan benar. ”Tujuannya untuk menciptakan siswa yang cerdas dan berprestasi, terutama terhadap siswa ABK di sekolah,” ujarnya. (her/tur/ar/ram/wan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s