Terima Pesanan Khusus Mirip Wajah Orang

on

METROPOLITAN – Kebudayaan Sunda identik dengan kesenian wayang golek. Di Kota Bogor, ada beberapa tempat yang membuat wayang kayu warisan budaya ini. Salah satunya pembuatan wayang golek Paguyuban Sanggar Tumaritis di Lebakkantin, RT 02/06, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Sanggar milik Dase Spartacus (60) ini tak hanya membuat wayang tokoh-tokoh dalam cerita Mahabharata dan Ramayana, tapi juga menerima pesanan khusus sesuai pemesannya.

Menurut Dase, pemesan cukup meminjamkan fotonya saja. “Nanti kami buatkan wayang yang wajahnya mirip dengan wajah di foto itu,” katanya. Harga wayang golek khusus ini, kata dia, lebih mahal dibanding wayang golek biasa yang dia jual berkisar Rp350 ribu hingga Rp550 ribu. Untuk wayang khusus setinggi 75 centimeter lengkap dengan kostum dan hiasan kepala biasanya dibanderol Rp3 juta.

Selain menerima pesanan, pengunjung juga bisa membeli langsung wayang golek buatan para perajin Sanggar Tumarititis ini. Dase memajang aneka wayang itu di dinding. Harga sepasang wayang golek Rama-Shinta misalnya dijual Rp850 ribu. Dase memerlukan waktu sekitar sepekan untuk membuat sebuah wayang golek lengkap dengan kostumnya. Dia dibantu sembilan perajin yang sebagian besar masih kerabatnya. Dalam sebulan sanggar pembuatan wayang golek yang sudah berdiri selama 32 tahun lalu ini bisa membuat 60 wayang golek.

Dase menuturkan, pemesan wayangnya tak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri.

Terutama kawasan benua Eropa seperti Belanda dan Jerman. “Kebanyakan mereka memesan wayang golek Rama dan Shinta,” katanya. (tem/ano/a/els/wan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s